our post

welcome to actum communication

peta bandung

Sabtu, 06 Juni 2009

Definisi Komunikasi

Sebagai ilmu yang ada di ranah sosial, komunikasi tidaklah bersifat pakem dengan rumusan tertentu. Ia tidak seperti matematika dengan rumus jika X maka Y dan sebagainya.

Dalam hal definisi pun wajar saja jika terdapat perbedaan pendapat di antara pakar komunikasi. Berikut ini beberapa definisi komunikasi yang dikemukakan pakar komunikasi yang berbeda sesuai konteks, frame of reference, dan field of experience masing-masing:

1.Bernard Berelson dan Gary A. Steiner: Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol—kata-kata, gambar, figure, grafik, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi.
2.Theodore M. Newcomb: Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima
3.Carl I. Hovland: Komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) menyampaikan rangsangan (biasanya lambang-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain (komunikate).
4.Gerald R. Miller: Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk memengaruhi perilaku penerima.
5.Everett M. Rogers: Komunikasi adalah proses di mana sutu ide dilahirkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
6.Raymod S.Ross: Komunikasi (intentsional) adalah suatu proses menyortir, memilih, dan mengirimkan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.
7.Harold Lasswell: Cara terbaik untuk menggambarkan komunikasi adalah dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan Who says what in which channel to whom with what effect? Atau siapa mengatakan apa dengan saluran apa kepada siapa dengan pengaruh bagaimana?
8.Donald Byker dan Loren J. Anderson: Komunikasi (manusia) adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih.
9.William I.Gorden: komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan.
10.Judy C.Pearson dan Paul E.Nelson: Komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna.
11.Stewart L.Tubbs dan Sylvia Moss: Komunikasi adalah proses pembentukan makna di antara dua orang atau lebih.

Selain kesebelas definisi komunikasi di atas, hingga kini sudah ada lebih dari dua ratus definisi komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli. Tiap-tiap definisi berbeda satu sama lain. Secara filosofis, kebenaran definisi komunikasi tersebut dapat dibenarkan jika terbukti secara empiris. Jika kemudian hendak dibuktikan ulang, maka elemen-elemen yang digunakan saat peneletian itu dilakukan tidak boleh ditiadakan karena komunikasi bersifat kontekstual.

0 komentar: